tujuh-penemuan-pengubah-hidup-03

Berikut hal-hal menarik yang patut disyukuri ditemukan para ilmuwan. Kalau nggak, hidupmu nggak akan semudah sekarang!

Bumi berkembang semakin cepat mengikuti perkembangan cara berpikir manusia. Hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan yang setiap hari selalu nggak sama. Ketika butuh komunikasi, Alexander Graham Bell menciptakan alat telepon. Ketika malam butuh penerangan, Thomas Alfa Edison menciptakan lampu bohlam.

Penemuan-penemuan itu tentu menyelamatkan hidup manusia sekarang ini. Karena penemuan itu, hidup manusia menjadi lebih mudah. Berikut beberapa penemuan lainnya yang seharusnya membuat manusia merasa lebih bersyukur dengan adanya itu:

Roda

Sebelum penemuan roda pada 3500 SM, manusia sangat terbatas mengangkut barang dari atas tanah. Ternyata, pada saat itu, roda sangat sulit diciptakan. Apalagi menghubungkan platform yang silinder dan bergulir. “Itu adalah hal yang rumit zaman dulu,” kata David Anthony, seorang profesor antropologi di Hartwick College.

Namun pada akhirnya, kerja keras orang-orang zaman dulu bisa menghasilkan beberapa roda yang digunakan gerobak pertanian dan perdagangan. Ini bisa menjadi transportasi barang dari dan ke pasar. Bahkan untuk digunakan orang berpergian jauh. Sekarang, roda sangat penting untuk dalam hidup. Kamu bisa menemukan segala jenis roda dalam alat transportasi.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-01

Kompas

Pada abad ke 9, pelaut kuno menggunakan bintang sebagai alat memberitahukan lokasi dan arah mata angin. Nggak hanya pelaut, pekerja-pekerja di darat juga menggunakan bintang. Lalu pada abad ke 11, Tiongkok menemukan kompas pertama. Kompas itu terbuat dari baru magnet dan bijih besi alami. Sifat tarik-menarik yang terjadi di kompas tersebut berkat pembelajaran yang telah dilakukan berabad-abad.

Penemuan ini lantas membuat beberapa negara Eropa dan Arab mempelajari teknologi ini. Hingga kompas digunakan pelaut untuk menavigasi jarak jauh dan meningkatkan perdagangan laut.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-02

Mesin Cetak

Kamu bekerja di dunia media? Jika iya, kamu harus berterima kasih dengan Johannes Gutenberg. Pria asal Jerman ini menemukan mesin cetak pada tahun 1440. Teknik yang dia gunakan adalah perkembangan dari cetakan tangan dengan menggunakan logam. Walau di Tiongkok dan Korea sudah membuatnya namun Gutenberd adalah orang pertama yang membuat proses mekanik yang bisa bergerak di atas kertas.

Dengan proses ini, mesin cetak potensial meningkatkan kecepatan salinan buku dan menyebabkan penyebaran berita, informasi dan pengetahuan semakin cepat dan luas. Pada awal-awal hadirnya mesin cetak, dia bisa menghasilkan 1.500 buku di Eropa Barat.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-03

Telepon

Benda ciptaan Alexander Graham Bell ini merupakan salah satu penemuan terbaik yang pernah ada. Dia mampu membuat sebuah transmisi elektronik yang sekarang disebut telepon. Kehadiran telepon tentu memberikan pengaruh yang besar pada kehidupan manusia. Dengan hadirnya telepon, kamu bisa berkomunikasi dengan keluarga yang tinggalnya jauh.

Selain itu, telepon yang ditemukan tahun 1876 ini berhasil membangun revolusi bisnis global. Untuk menghormati Bell yang meninggal dunia tanggal 2 Agustus 1922, layanan telepon AS berhenti selama satu menit.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-04

Bola Lampu

Zaman dulu, ketika siang hari produktivitas orang-orang dunia sangat sibuk. Sebab hanya siang harilah mereka bisa bergerak leluasa dengan bantuan cahaya alami. Namun ketika malam, semua terasa gelap dan membuat setiap orang hanya duduk terdiam. Oleh karenanya, lampu ciptaan Thomas Alfa Edison ini mampu mengubah dunia yang awalnya gelap pada malam hari menjadi terang-benderang seperti siang hari.

Lampu diciptakan pada tahun 1800 dan bisa digunakan secara massal oleh masyarakat luas dalam bentuk listrik pada tahun 1879. Dulu, lampu diatur selama waktu orang tidur, 7 sampai 8 jam. Kini kamu bisa menggunakannya kapan saja bahkan untuk siang hari sekalipun.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-05

Penisilin

Inilah salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah. Pada tahun 1928, seorang ilmuan asal Skotlandia, Alexander Fleming melihat bakteri berbahaya di laboratoriumnya yang sengaja dibuka. Sampel yang telah terkontaminasi itu dimasukan ke dalam cetakan dan akhirnya bakteri itu mati. Dari sanalah, kamu mendengar hadirnya antibiotik yang ternyata jamur penisilium.

Penisilin mulai dikembangkan oleh ahli kimia dan pada tahun 1944 diproduksi massal. Obat ini bisa digunakan oleh prajurit pada Perang Dunia ke 2 untuk yang menderita penyakit kulit dan kelamin. Di zaman dulu, penemuan ini sungguh memberikan keselamatan bagi yang membutuhkan.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-06

Internet

Jika penisilin menjadi salah satu penemuan terbaik untuk dunia kesehatan maka untuk dunia teknologi internet adalah yang terbaik. Dengan menggunakan jaringan global komputer, kamu bisa mengenal seluruh orang di dunia. Dunia seperti nggak ada batas. Seharusnya dengan bantuan internet, orang yang sedang LDR nggak merasa terganggu, dong?

Lalu dari semua orang yang membantu mengembangkannya, salah satu orang yang harus wajib mendapat ucapkan terima kasih adalah Lawrence Robert dan tim ilmuan komputer yang bekerja di Departemen Pertahanan AS ARPA. Mereka membangun jaringan komunikasi yang dikenal dengan ARPANET. ARPANET inilah pendahulu dari internet.

tujuh-penemuan-pengubah-hidup-07

Sejarah manusia itu panjang. Apalagi manusia itu sebenarnya pintar. Walau usia Bumi menjadi salah satu yang paling muda sekitar 4,5 miliar tahun namun dengan kepintaran itu perkembangan dari masa ke masa sangatlah menonjol. Ya seharusnya para penemu ini mendapat penghargaan atas segala hal yang telah mereka lakukan. Sebab tanpa mereka mungkin saja saat ini masih terjadi banyak hal yang janggal.